Rabu, 24 November 2010

Pilihan hidup

Waktu tepat pukul 20:49 PM Rabu 24 November 2010. Tepat dimana gw baru pulang liburan bersama sahabat2 gw Arius dan Arco.dan gw mencoba memulai lagi merangkai kata kata untuk memotivasi diri sendiri.. Mungkin aja motivasi yang awalnya untuk hidup gw sendiri, ternyata juga bisa untuk memotivasi orang lain. AMIN











Hari ini begitu berbeda .. Pertanyaan yang sudah terjawab di kehidupan gw mulai kembali dengan level yang lebih tinggi.. Mungkin gw bisa menulis catatan Pilihan Hidup ini berdasarkan pengalaman sahabat gw dan gw yg mungkin mengalami konflik yg begitu pelik..












"Kal, malam ini mau ngapain lo ? Melakukan hal yang sama sama aja ?"








"kal, ga bosen apa lo cuma melakukan rutinitas yang itu itu aja?"








Dan banyak pertanyaan lain yang berputar putar di kepala gw dan secara ga langsung mengintervensi kehidupan gw dan sebenarnya jawaban untuk pertanyaan itu adalah sangat mudah, yaitu : "Pilihan Hidup"












Mengapa pilihan hidup ?












Mau banyak pertanyaan dan kritik yang kita jalani tentang hidup di diri kita, asal itu merupakan pilihan hidup kita, teruslah jalani dengan penuh tekad. Ga peduli kata orang, yang penting kita cukup buktiin ke mereka kalo pilihan hidup kita bisa membuat mereka iri atas pilihan hidup kita.












Karena menurut gw :"Jikalau kita udah mempercayai suatu hal dan itu sudah menjadi bagian dalam Pilihan hidup kita, jalani dan lakukanlah. Karena percayalah pilihan hidupmu tidak akan pernah mengecewakanmu"








Berbicara tentang pilihan hidup memang konteksnya sangat luas sekali yah .. tp kalo boleh gw mengeneralisasi tentang pilihan hidup. Menurut gw pilihan hidup adalah suatu hal yang membuat kita semakin dewasa. Karena dengan kita sudah memilih sesuatu untuk hidup kita. Kita sudah mnjadi seseorang yang lebih dewasa.












Setidaknya dengan adanya pilihan hidup kita, minimal kita sudah belajar untuk cara bertanggung jawab atas pilihan yang kita pilih untuk hidup kita. Minimal diri sendiri deh .. baru orang sekitar :)








Intinya kalo gw boleh gambarin ..












Pilihan hidup - Membentuk Tanggung Jawab - Tanggung jawab membentuk Pribadi positif - Pribadi positif membuat kita menjadi lebih baik - Dan pribadi yg baik dan positif akhirnya membentuk kita menjadi lebih dewasa.












Secara garis besar sih bisa gw gambarin kayak gitu, karena selama gw memilih pilihan hidup gw. Gw yakin itulah yang akan membuat gw sukses dan bhagia nantinya. Karena selama kita berpikir positif akan pilihan hidup kita. Kemungkinan untuk menjadi kenyataan itu smakin lbh besar (chancenya smakin besar).








Suatu kisah inspiratif kecil di hidup gw ..












Gw pernah berbincang dengan tukang es campur di depan kampus gw d jakarta. Secara gw sering bgt beli es campur disana, gw akhirnya merasa inilah saatnya untuk bertanya dan mengetahui lebih banyak. Apa aja sih kehidupan di balik tukang es campur ini .. Bukannya gw sok tau atau apalah, tp gw cuma mau belajar hal kecil bukan hanya dari orang yang lebih hebat dari kita, tetapi kita kadang harus juga belajar dari orang yang ada di bawah kita.












Pertanyaan dimulai dari pertanyaan general ato umum seperti asal abg itu darimana, udah punya istri, umur, anaknya berapa dll.. ini memang pertanyaan yang harus kita lakukan sebelum kita masuk lebih dalam ke pribadi org yg bru kita knl. Bila tidak ada penolakan dalam pertanyaan pertama ini. Berarti dia udah mau membuka diri kepada kita ..












Benar saja.. tanpa gw ajuin pertanyaan kedua. Tukang es campur ini malah nanya balik ke gw.. gw udah kerja atau masih kuliah ? ahahah sedikit ketawa kmudian gw bilang ke tukang es campurnya. Bang emang saya masih keliatan anak sekolahan yah ? gw msh kuliah d trisakti jurusan hukum bang (Ahaai.. jadi ga enak :P)












*Back to topic












Pembicaraan mulai menjurus kepada mengapa dia memilih hidupnya untuk menjadi tukang es campur. Jawabannya sangat simple.












"Kalo saya ga memilih hidup saya untuk jadi tukang es campur. Mau dikasih makan apa anak istri saya mas"








"Tapi kenapa es campur mas ? emang dari kampung udah diniatin jadi tukang es campur?"








"Saya memang sengaja pilih jadi tukang es campur, walaupun sebelumnya saya juga pernah jadi tukang otak otak, kuli bangunan dll. Sampai akhirnya saya menyadari bahwa menjadi wirausahawan itu lebih baik. Jadi saya bikin usaha es campur ini deh mas, karena saya memilih untuk menjadi wirausahawan dan es campur inilah yang menjadi pilihan hidup saya. Karena kan kalo sebelum2nya saya jualan masih nyetor mas bukan hasil modal sendiri. Alhamdulilah ALLAH ngasih rejeki untuk saya untuk buka usaha"












Pertanyaannya sekarang adalah ?












Apakah kita mempunyai tekad yang kuat seperti abang es campur diatas tentang pilihan hidup kita ?








Apakah kita bisa kuat untuk menjalani sesuatu hal yang sulit sebelum akhirnya pilihan hidup kita tercapai ?












Jawabannya ada di dalam diri masing masing ..








Karena balik lagi ke tulisan gw di atas, asal kita percaya akan pilihan hidup kita. Percayalah itu akan berhasil .pilihan hidup kita tidak akan mengecewakan kita..








Dibalik kisah inspiratif abang tukang es campur itu, sekarang abang es campur itu punya usaha lain. Yaitu warteg. Suatu kemajuan yang besar yah .. hehehe. Good Luck terus Bang es campur.












Intinya mau kita terus gagal, gagal dan selalu gagal dalam mencapai pilihan hidup kita. Kita harus terus berusaha. Persetan orang mau ngomong apa tentang kita .. mau ngomong apa kek .. yang penting minimal kita udah punya pilihan hidup. Karena pada basicnya hidup ini adalah pilihan :) tanpa memilih kita akan menjadi orang yang akan terus bimbang tentang keberadaan di hidup ini ..













Percayalah "Hidup cuma 1x...", Bnr g?tanyakan pd diri kalian..apakah yang akan gw rencanakan untuk gw capai di dalam hidup gw?








Hanya ada 3 pilihan kategori kehidupan: yang pertama sebagai orang yang hidup di bawah rata-rata yang selalu dekat dengan masalah, hutang, perselisihan, stress cinta& selalu kekurangan; yang kedua sebagai orang rata-rata yang kehidupannya biasa-biasa aja, tidak ada yang menyolok & spesial, sekedar memiliki apa saja secara ala kadarnya; yang ketiga adalah sebagai orang diatas rata-rata yang dapat dikategorikan sebagai hebat & luar biasa dimana selalu mencetak keberhasilan & kemajuan yang spektakuler sehingga membuat orang kagum, hidupnya dipenuhi dengan kesuksesan, kebahagiaan & memiliki makna untuk orang lain.












Dari ke-3 pilihan kategori tersebut manakah yang gw inginkan? Dimana letak perbedaannya yang paling mendasar? mnrt gw letaknya hanya pada cara pandang (persepsi) & keberanian membuat pilihan-pilihan di dalam hidup gw. Milikilah persepsi yang selalu positif & beranilah membuat pilihan-pilihan yang terbaik yang senantiasa membawa gw semakin dekat kepada target & sasaran gw.krna hdp itu adalah pilihan. :)












Thanks udah sempetin baca notes gw ..












Mudah2an bisa berguna untuk diri gw sendiri dan orang lain..








AMIN :)








*thanx to sahabat gw Arius & es campur Kisah kalian menginspirasikan gw untk membuat tulisan ini.. :)