Senin, 27 Desember 2010

Bocah2..gampang bgt idupmu..!

Pagi2 yang cerah d kota palembang tepatnya in my damn room drpd bengong ngliatin acara tv yg g jelas, terutama acara musik d tv yg penontonnya nari2 g jelas..like living in a weird world..mndgan gw nulis blog d.. Pagi ini gw banyak bgt inget2 hal2 yg sebenernya dulu udh pernah gw plajarin..
dan sebagai manusia, gw termasuk manusia yang lebih sering lupa sama yg namanya plajaran drpd inget ama yg namanya harga barang..

pelajaran yang paling penting yang gw dapet hari ini adalah "Hidup itu seharusnya gampang"..
dan kalo mau dipanjang2in dikit, jadinya "Hidup itu seharusnya gampang dan g susah"..

cm kdg manusia itu sendiri aja yg bikin hidup itu jadi susah..

gni d.. awalnya dulu, ga ada yang namanya komputer, jd kita g perlu ngerjain tugas2 kuliah kt ampe begadang semaleman d depan komputer bwt dikumpulin bsk walopun itu tugas udah dikasih dari jaman tarzan masi pake koteka..

dulu, masih blom ada yang namanya engpon (plesetin dikit biar gaul) terutama BB yg bikin kt skr pusing + bkin jempol bengkak kek org cantengan mikirin gimana caranya supaya itu engpon sibuk + bunyi trs tp tetep bisa ngisi pulsanya tiap bulan sekali biar itu engpon juga ga cuma jadi benda pajangan doank..

dl tuh msh blom ada yg namanya my spacelah, facebooklah, twitter lah, yg bikin kt kecanduan pagi siang sore malem dan bikin kita jadi stress kalo situs jejaringan laknat tb2 aja menghilang dr peredaran kehidupan kita..

hmm.. idup makin susah dengan hadirnya hal2 ky gt..

gw g tau nih y sbnrnya sih, gw sebenernya ngiri bgt ama yang namanya anak2..
well, gw ngiri total sm ank kcl ato biasa dsebut bocah yg g pernah ambil pusing ama hidup mreka..
maksudnya gmn tuh kal?
yah mnrt gw sih mreka cm pcaya sm org tua mreka klo mereka tuh g bkl kkurangan apa2 dan g bakal dibiarin idup ssh sm org tua mreka..
as simple as that, they just believe to their parents..

gw ngiri berat sm anak kecil yg g pernah bingung klo mreka lg pgn mkn es krim, krna mreka tau, mreka bs tgl minta sm org tua mreka, dan klo emg itu baik buat mreka (dan yg mikir baik buruknya ssuatu bwt si anak itu org tua mreka), psti mreka bkl dibeliin ntu es krim..

gw jg ngiri bgt ngliat ank kcl yg dgn enaknya tanpa rasa berdosa maen2 bola di lapangan selagi ujan, dan akhrnya nyelesaiin maen bola mereka trs maen becek2an di kubangan yg bahkan kucing pun males buat nginjekin kakinya ke sana apalagi klo kt punya cewe psti cewe kt lgsg blg "ih jorok bgt sih km" -_-" .. tentunya mreka g perlu mikirin siapa yg bkl nyuci ntu baju mreka..

gw ngiri sm ank kcl yg seenak jidat mreka aja ngjawab pertanyaan, "km klo gede mo jadi apa?", dgn entengnya ngjwb, "mo jadi dokter!", ato, "mo jadi pilot!", ato, "mo jadi presiden!".. g slh sih sbnrnya cm mreka blm bs mikir gmn sshnya bwt jadi apa yg mreka sebutin itu.. atau mereka emang nggak peduli sama mungkin atau ngganya..

naaaahhhhh..!!sdgkn gw..??? gw hrs mkirin dl apa sesuatu itu baik ato ngga bwt gw, gw bkl rugi g y klo ngelakuin ini itu, apa gw bs bwt nglakuin ini itu, dan mcm2 pkiran2 org dewasa laen yg malah bikin idup gw jd ga segampang yg seharusnya.. bnr g??

hmmmm.. *menghela nafas ky d sinetron
gw pnah ngobrolin ini sm beberapa temen ngband gw dl.. ttg apa itu idealisme dan realitas..
dan stelah gw inget2 lg, sbnrnya 2 hal itu yg bener2 ngefek sm cara pandang kita thadap kehidupan..

wkt kt msh bocah nih y, mnrt gw scr g langsung kt cm punya dan cm tau sm apa yg namanya idealisme.. mskipun g tau artinya apa wktu kt bocah tp scr g lgsg n g dsngaja kt udh nerapin idealisme itu wktu kt msh bocah..
idealisme kt brkembang liar, tumbuh seenaknya aja.. dan itulah yg bikin bocah bs ngjawab dgn gampang wkt mreka dtanyain, "kamu kalo udah gede mau jadi apa?"..
smntara waktu itu kita masih sabodo teuing sama yg namanya realitas.. who cares?!

seiring kt tumbuh, tambah gede, tambah banyak pengetahuan dr plajaran2 dan pergaulan2, yg namanya idealisme itu jg smakin beraneka ragam.. mlai bcabang2..
dan saat itu jg yg namanya realitas msk dan ambil bagian dlm pola pandang, cr pikir, /mindset kt..ckckck bnr2 gaya beudh dah gw..!!
smakin lm, idealisme kt pun akhirnya trtutup dan d kalahkan sm yg namanya realitas2 kehidupan yg udah pernah kt hadapi dan bkln kita hadapi di masa depan..prikitiew lah hykal..!!prok prok prok standing applause for haykal..!!

hidup itu shrsnye gampang klo kt ttp punye idealisme kt ntu n trs megang ke idealisme kite ntu..bener g gw?nya', babe, ncing, ncang...??!!

ups! sblum gw lanjutin, ada 1 mindset yg ada d otak gw..
"Hidup itu hrsnya gampang, yg susah itu cm ngelakuin apa yg gampang itu.."

ok lanjut kal!
tapiiiiiiiiiii.... knyataannya nih y, smakin dewasa seseorang, smakin dia banyak makan asam garam kehidupan, smakin banyak jg pengalamannya, semakin gede jg pngaruh realitas d dlm cr pkrnya..

mslnya nih saat idealisme gw ngmg, "pokona gw mo bikin perusahaan ndiri, dan gw pasti bs bikin ntu prusahaan!", realitas dtg dgn sgla alesan2 logisnya,(tikititikikikititik kek suara itik gt) "mana mungkin kal! nah modalnya lu dri mane? emg lo lulusan mane? trs, mo bikin d mane? trs, kalo rugi pegimane?"..pan lu msh pgn seneng2..
dan jadilah kite nguburin idealisme kite ntu..

saat idealisme kita nyuruh kita bwt ngmg, "ak bklan sayangin km apa adanya beybiiiquuu", realitas dtg lg dah dgn alesan2 logisnya, "halah, cewe mana demen digombalin! emg klo dia ntar jadi gembrot, lo msh bakal sayang sm dia? trs klo dia selingkuh sm cowo laen, lo msh bkl syg dia?"..
dan g jd lg d omongan ntu kluar dr mulut kite..

hidup ntu harusnya gampang klo kt g ambil pusing sm smua realitas yg ada..
y, sadar akn realitas itu sbnrnya penting.. bwt ngejaga kt tetep sadar klo kt msh idup d dunia ini.. bwt nyadarin kt klo g slamanya apa yg kt mau itu bkl kcapai..
tp bkn bwt ngubur smua cita2 dan keinginan kt yg udah jd impian kt loohh..krna "Hidup itu cm 1x"

blk lagi mindset gw yg gw udah tulis d ats,
"Hidup itu sharusnya gampang, yg susah cm nglakuin apa yg gampang itu.."
dan d situ lah realitas ambil bagian.. ngebikin kt susah bwt nglakuin apa yg gampang itu..
gw ksh contoh d knp jd bocah itu enak...

1. They simplify things
Bocah itu pola pikirnya sdrhana..Dia g prlu mkr knp org ini baik sm dia..Dia g prlu mkr knp dia mesti bljr..Dia g prlu mkr klo dunia ini bkln jahat sm dia..Dia brpkir simpel dan itu yg ngbwt dia jd bahagia..gw justru sadar klo trnyata mikir rumit ky org dewasa tu bkn cape'..Makin gede,lo smua mulai mkirin hal2 yg bkln tjadi nti..justru hal itu yg bkin g simpel lg kan??lo bkln tau klo kt nglakuin sesuatu hari ini dampaknya ky apa kdpnnya..lo sadar klo lo dputusin sm cewe lo hari ini bs2 lo bunuh diri,stress,nangis,ngurung dkmr g makan g minum..lo paham kan klo plhn yg lo ambil bkln ada konsekuensinya dan lo bkln mikirin smuanya krna lo takut salah..Bwt si bocah mah,ga kotor g belajar.tp cb bwt kt,sebsa mungkin kt ga ngtorin diri bwt belajar.

2. They forgive
bocah itu g pndendam..Mrka aja nangis klo permennya d ambl..Mrka marah klo ga dksh permen..Tp,mrka g pndendam..Mrka bs maafin..lo ngrasa g?sadar g?bocah tuh laen dgn kt..boro2 maafin..minta maaf aja susah stngh mati..Makin gede,makin g bisa kan..?Makin gede,kt justru lbh jdiin mslh salah org k kt ky apa..Makin gede,kt jd makin g pemaaf..akhrnya apa?kt slalu mkrin untung rugi,jd klo kt d sakitin malah blk nyakitin kan..?gw prnah brdebat sm mantan pacar gw ttg "forgiven but not forgotten"..Skr gw tau klo nyimpen luka itu sm aja g maafin..When u forgive,u forget..Klo kt g nglupain,y sama aja kt g maafin org tsb kan..?Klo smpe kluar statement, “iya,gw maafin lo,tp gw ckp tau aja lo orgnya ky gt”,artinya lo inget kslhn itu..pas lo mutusin bwt inget,lo mutusin bwt nyimpen..pas lo mutusin bwt nyimpen,lo ky mlihara hal itu..Dan yg berat bgt pas lo mlihara hal itu,maka lo sm aja ngjaga luka itu ttp ada..sm aja lo g maafin kan?beda ky bocah..

3. They believe in fairytale
bocah itu pcaya sm fairytale..Mrka pcaya klo mrka jahat,mrka bs d dtgin nene' sihir..sdgkan kt???Mrka pcaya klo mrka lg susah,superman,batman,spiderman bkln dtg..sdgkan kt????Mrka pcaya sm crta spiderman,batman,superman..malah mreka pgn ky superhero mreka,beli baju2 yg mirip pahlawan mreka..sdgkan kt???kt mana pcaya sm itu smua..pas lo smua dewasa ky skr,lo sadar klo g ada usaha lo g bkl dptin hsl yg baik.

Sllu ada harga yg hrs dbyr bwt dptin apa yg kt mau..Pas kt msh bocah,apa yg kt mau org tua kt yg ngbyrin bwt kt..sdgkan skr???

huaaaaaaah!
sebelum ocehan gw ini tmbah pnjang lebar tinggi lg, makin pusing dah lo padaa.. mending gw langsung ksih 2 cnth aja d.. biar bacanya jd lebih asik..

1. Apa yg hrs kt lakuin klo kt mo dpt nilai bgs?
- bocah : BELAJAR!
- gw : belajar donk.. emmmmmm (smbl mikir2).. tp tar gw pusing gmn? trs, kpn gw maen2nya? gmn mo nongkrong d surabi enhai, karaoke, sauna ma tmn2 gw?

2. Apa yg hrs kt lakuin klo mo bdn kt sehat?
- bocah : 4 SEHAT 5 SEMPURNA DITAMBAH OLAHRAGA TERATUR DAN ISTIRAHAT YANG CUKUP!
- gw : mkn klo laper trs klo bs bnyakin nasi ama dagingnya, mnm susu klo inget, olahraga klo sempet dan isirahat klo pengen.. yah, liat sikon aja d poko'nya mah..

so, msh pengen jd anak kecil g lo pada?
klo gw sih pengen bgt! =)